Tips Merawat Playstation 2


Hobi bermain game di konsol Playstation 2 (PS2)?  Sungguh asyik bukan, jika kita larut dalam sebuah permainan game PS2 yang seru, hingga membuat kita lupa waktu. 
Selain pandai bermain PS 2,  sebaiknya Anda juga harus tahu cara merawat perangkattersebut agar tidak cepat rusak.
Nah, berikut ini beberapa tips yang barangkali berguna: 
MESIN
  • Gunakan kaset orisinil. Menggunakan kaset bajakan akan merusak optik. Begitu pula dengan kaset yang sudah banyak goresannya. Sebaiknya tidak digunakan lagi. Sama dengan kaset bajakan, kaset yang penuh goresan juga menyebabkan optik cepat rusak.
  • Jauhkan mesin dari benda-benda lain, terutama barang elektronik. Hal ini untuk mencegah agar PS 2 tidak cepat panas. Apalagi jika PS 2 digunakan terus-menerus selama lima jam atau lebih. Anda juga bisa meletakkan kipas angin yang diarahkan ke PS 2 untuk menghindari PS 2 cepat panas, dan agar sirkulasi udara di sekitar mesin lancar.
  • Komponen yang ada di mesin PS 2 sangat sensitif terhadap tegangan listrik. Karena itu, perhatikan tegangan listrik di rumah Anda. Tegangan listrik yang turun-naik dapat menyebabkan mesin PS 2, terutama optiknya cepat rusak. Untuk menghindari kerusakan akibat tegangan yang turun-naik, gunakanstabilizerStabilizer berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik, agar tetap berada di angka 220 volt.
  • Untuk mencegah debu masuk ke dalam mesin, bersihkan consolenya secara rutin. Optik juga harus dibersihkan secara berkala, menggunakan CD khusus pembersih (CD Lens Cleaner) yang bisa dibeli di toko-toko komputer.
  • Jaga agar PS 2 Anda tidak terkena tumpahan makanan atau minuman. Selain dapat merusak mesin, bekas makanan atau minuman juga dapat merusak stick dan kaset PS 2.
  • Perhatikan juga tempat penyimpanan PS 2. Jangan disimpan di tempat yang kelembabannya tinggi. Dan jangan sampai PS terkena air. Pastikan tempat penyimpanan PS 2 Anda adalah tempat yang betul-betul kering, serta berisilica gel agar dapat menetralisir kelembaban.
STICK
  • Bersihkan lempengan stick PS 2 secara rutin (misal, sebulan sekali). Caranya, buka casing stick, lalu oleskan lempengannya menggunakan kapas yang sebelumnya telah diberi alkohol. Tujuannya agar bagian dalam terhindar dari debu.
  • Hati-hati dalam menggunakan stick PS 2. Jangan sampai kabelnya tertarik atau lepas. Jaga juga stick agar tidak terbanting, sebab dapat merusak lempengan yang ada di bagian dalam.
  • Ketika menyimpan stickkabel jangan digulung. Posisi menggulung dapat menyebabkan kabel tembaga yang ada di dalam kabel stick terputus.
  • Bila stick PS 2 Anda macet, periksalah bagian kabelnya. Jika kerusakanmemang pada kabelnya, segera lakukan penggantian. Pilihlah kabel yang asli. Kabel asli biasanya lebih lentur dan ukurannya lebih panjang.
  • Jika yang rusak adalah stick-nya, sebaiknya jangan langsung dibuang. Stickyang rusak dapat diambil komponennya, untuk menggantikan stick lain yang masih bagus tetapi komponennya ada yang rusak. 
  • Sumber www.AnneAhira.com

Comments